Langsung ke konten utama

CVT matic


CVT itu apa sih????
Akhirnya dengan hasil usahaku sendiri, searching dengan bantuan Om Google, aku mendapatkan informasi yang aku butuhkan.
Apa itu CVT???
CVT (Continously Variable Transmission) merupakan alat penggerak otomatis pada motor automatic. Bagian CVT ini merupakan bagian yang meneruskan putaran dari engine / mesin ke bagian roda belakang.  CVT bisa juga disebut sebagai sabuk karet pengganti rantai pada sepeda motor matic.
Aku baru tau kalau CVT ternyata memerlukan perhatian khusus lho Selama ini aku pakai motorku hanya asal pake, yang penting motornya jalan, rodanya muter en aku bisa tetap menjaga keseimbangan di jalan raya.
Ada banyak sumber-sumber kerusakan pada sistem CVT.
1. Kebiasaan buruk pengendara yang membuka handle gas secara spontan,  stop & go!
Kebiasaan ini sungguh sangat menyiksa kinerja buka-tutup pulley, gesekan belt, dan roller indikasi kerusakan ini adalah, ketika motor dari keadaan diam kemudian ber akselerasi maka terdengar suara kasar dan gerakan roda belakang tersendat bergetar, hal itu dikarenakan roller aus, bentuknya sudah tidak bulat.Alangkah baiknya sesuaikan riding style dengan memutar handle gas dengan bijak, ulur hingga rpm naik secara perlahan jangan langsung full thortle/ kontan.
2. Tidak pernah melakukan perawatan rutin pada sistem CVT
Perlu diperhatikan bahwa cvt wajib dilakukan perawatan ( cleaning & greasing), sistem cvt merupakan transmis kering & tidak tertutup, oleh karenanya kotoran,  debu, bahkan air bisa masuk (jika kebanjiran)
So, kita harus melakukan cleaning filter pada block CVT dengan membuka cover cvt, kemudian bersihkan saringan busa dari debu2 dan kotoran..
3. Motor matic yang terendam banjir
Jika motor matic anda pernah terendam banjir, segera lakukan perawatan CVT di bengkel / bongkar CVT dan cleaning semua part yg terendam air untuk menghindari korosi, dan greasing/pemberian stem vet yg baru pada saft2 pulley ,cek juga seal2 pulley apakah ada yang bocor, karena seal ini sangat penting peranannya menjaga grease tetap melumasi saft dalam pulley, jika seal bocor maka saft kering dan terancam korosi atau bahkan aus/ patah, biasanya komponen yang terserang adalah saft aus, sheeave / selubung saft retak / berlubang dan slot untuk roller / ball coak, jika sudah seperti ini maka gerakan pulley akan goyang dan pulley bekerja ekstra berat ubtuk mengembang, ujungnya penurunan kinerja cvt & ongkos perbaikan dan penggantian part yang mahal alangkah baiknya hindari genangan air yang dalam saat anda mengendarai motor matic.
4. Umur belt yang sudah tua
Merupakan faktor penyebab menurunnya kinerja tranmisi matic, lakukan penggantian belt setidaknya setiap 25000km, atau lihat kondisi fisik permukaan belt, karena jika sudah longgar, aus, atau retak akan membahayakan pengendara jika sewaktu-waktu putus di jalan
5. Selalu cek dan ganti secara periodik oli tranmisi gear reduksi
Oli gardan, pada umumnya matic ber cc kecil di indonesia kapasitas oli gardan = 100 cm3 / 0,1 liter jangan sampai kehabisan oli karena akan merusan gear2 reduksi, dan kehancuran lah yang bakal juragan alami
Nah itulah beberapa info yang aku dapet dari internet. Semoga bermanfaa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembesaran Puyuh

Mengenai pembesaran bibit puyuh petelur (DOQ) ini, ada beberapa macam teknik yang digunakan oleh peternak. Pernah dulu saya postingkan teknik-teknik apa saja yang digunakan. Kali ini akan saya ulang lagi, sekaligus mencoba membahas syarat dan prasyarat maupun ciri-ciri dan kondisi yang dibutuhkan pada salah satu tahap penting dalam rangkaian budidaya beternak burung puyuh petelur ini. Perlu diingat kembali, bahwa masa pembesaran inipun menjadi faktor penting yang ikut menentukan selanjutnya bagaimana hasil produksi si puyuh. Baik persentase produksi, juga umur atau lama produksinya. Mengenal Teknik atau Cara Pembesaran Bibit Puyuh Petelur (DOQ) Dari beberapa yang saya kenal, cara atau teknik tersebut ada 3 macam, yaitu : 1. Memakai kandang bertingkat. Kandang yang digunakan untuk masa pembesaran ini mirip dengan kandang teluran / layer. Bedanya tentu kandang ini tidak ada ruang untuk keluar telur. Selain tempat atau wadah pakan dan minumnya biasa diletakkan di dalam ruangan kanda...

CARA MENYETEL CELAH KLEP VARIO

Saya akan sharing tentang bagaimana caramenyetel klep honda vario. Untuk diketahuibahwa kerenggangan klep in (masuk) = 0,15mmsedangkan klep ex (buang)= 0,25mm.Oke,langsung saja ya,,   * Lepas cover penutup mesin depan(bawah jok) menggunakan obeng +    * Lepas jok beserta bagasinyamenggunakan kunci T.10 dan obeng +   * Lepas cover cylinder head menggunakankunci .10    * Posisikan piston pada posisi Top (garispada gigi sentrik sejajar dengan bakcylinder head) dengan cara mengengkolpedal stater menggunakan tangan   * Setel celah klep menggunakan kuncipenyetel klep dan kunci ring.9 sertafuller gauge 0.15mm. Kendurkan dahulumur...

Tuning Roller dan Per CVT

Banyak teman yang bertanya, bagaimanakah kombinasi performance parts yang ideal untuk membuat Vario lebih baik performanya? Sebetulnya sulit untuk ditentukan patokannya karena ternyata setingan yang pas untuk satu orang belum tentu pas untuk orang lain. Hal ini disebabkan banyak faktor yang mempengaruhi termasuk kebiasaan orang dalam memperlakukan mesin. Mencontek setingan di motor teman pun belum tentu menghasilkan performa yang sama. Tuning yang biasa diaplikasikan pada skuter modern (skutik / skubek) untuk kebutuhan harian adalah modifikasi pada bagian CVT. Sebetulnya modifikasi ini sama aja dengan melakukan tuning terhadap transimisi. Pada kendaraan matic khususnya, kita harus sadar terlebih dahulu bahwa peningkatan pada satu sektor pasti mengorbankan sektor yang lain. Dalam hal ini, akselerasi vs top speed. Para tuner skuter modern professional yang biasa menangani kebutuhan kompetisi tentunya akan mencari setingan untuk mendapatkan keseimbangan yang paling pas bagi per...