Ada kalanya Anda
mecoba sendiri melakukan penyetelan klep pada motor Anda, tapi perlu diingat,
bahwa setelan klep yang benar atau salah akan mempengaruhi terhadap performa
mesin Sepeda Motor.
Berikut ini saya
tulis secara ringkas cara cara yang tepat menyetel klep pada Sepeda Motor
Honda.
1. Persiapkan
alat-alat antara lain;
* Obeng (-) besar
* Kunci T 17 (untuk motor Supra X
125/Kharisma)
* Kunci T 14 (untuk motor Supra Fit, Tiger)
* Ring 8-9 (untuk motor tipe bebek)
* Ring 10-11 (untuk motor tipe Sport)
* Ring 17 (untuk motor tipe Sport)
* Ring 24 (untuk motor tipe bebek)
* Fuller gauge 1set
* Valve Adjusting wrech (kunci klep)
2. Buka kedua
tutup klep (In dan Ex) dengan menggunakan kunci Ring 17(tipe bebek) atau Kunci
Ring 24(tipe Sport)
3. Awalnya
posisikan agar kondisi valve bebas atau posisi piston pada Titik Mati Atas
(TMA), dengan cara buka tutup magnet pada blok mesin kiri denganmenggunakan
Obeng (-) besar (ada 2 buah ), pergunakan kunci Ring 14/17 untuk memutar poros
engkol berlawanan dengan jarum jam.
4. Sambil memutar
poros engkol, perhatikan pada saat valve In bergerak, lihat pada lubang kecil
di blok magnet, posisikan tanda T pada garis lurus di lubang kecil blok magnet.
5. Kemudian pegang
dan gerak-gerakkan kedua klep untuk memastikan keduanya sudah dalam posisi
bebas.
6. Jika langkah
diatas sudah benar, maka lakukan penyetelan valve dengan ukuran untuk tiap-tiap
motor sbb;
* Tipe Sport (Tiger,Mega Pro,GL Pro,Phantom)
ukuran = 0,10mm (±0,01mm).
* Tipe Bebek (Supra Fit, Grand, Legenda,
Supra X, Win, GL 100) ukuran celah klep = 0,05mm (±0,01mm).
*
Tipe Bebek (Supra
X 125, Kharisma, Kirana) ukuran celah klep = 0,03mm (±0,01mm)
*
Tipe Matik (Vario)
ukuran celah klep ( Klep In : 0,15mm (±0,01mm) Klep Ex : 0,26mm
(±0,01mm) )
Cara penyetelannya
adalah, kendorkan mur pengikat tappet adjuster (baut stelan klep) dengan
menggunakan Ring 8-9 / 10-11
7. Lalu letakkan
Fuller gauge sesuai ukuran celah klep kedalam ujung batang klep, putar tappet
adjuster(baut stelan klep) sampai terasa apabila fuller gauge di tarik terasa
seret dan apabila didorong tidak bisa.
8. Kemudian
keraskan lagi mur stelan klep dan cek ulang hasil stelan klep tadi, sampai
hasilnya tepat, (bila fuller gauge terasa ditarik seret dan di dorong tidak
bisa)
9. Tutup kembali
semua komponen yang tadi dibuka kemudian rasakan hasilnya. MANTAP!
Komentar
Posting Komentar